Tertib dalam berlalulintas merupakan cermin kepribadian sebuah bangsa..!! pesan ini disampaikan oleh Direktorat Lalu Lintas Polri bekerja sama dengan Yamaha Vixion Club Indonesia dan Yamaha Motor Kencana Indonesia. Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Boyolali,Jl.Solo-Semarang Km.23,Mojosongo,Boyolali ( 57322 ),Jawa Tengah,Indonesia .Contact person(+62)85647326161,Email : yvci_boyolali@yahoo.com,One Heart,One Soul for Safety Riding.

Modif Motor Yamaha Vixion stage#1

Okelah, lanjut langsung aja ke materi....

Yamaha Vixion, motor sport dari pabrikan yamaha yang berteknologi fuel injection ini memiliki power 11,10 kWatt atau 14,88 Hp di rpm 8500 dan torsi 13,10 Nm di rpm mesin 7500 . Adalah motor yg cukup responsif, mengingat motor std harian.. Respon mesin ini ditolong oleh mesin tegak single cylinder dengan 4 katub atau 4 klep SOHC dengan perbandingan kompresi 10,4 : 1.. Cukup membuat ledakan dahsyat seperti ledakan bom teroris,, hehehhee.. Maaf gk konsen gara2 berita teroris melulu..

Oke lanjut..

Motor dengan perbandingan kompresi di atas 10 merupakan kategori motor motor high compression engine, seperti yamaha vixion, jupiter mx, honda sonic, cbr 150, honda cs1, suzuki satria fu 150, kawasaki ninja 250 adalah deretan motor dengan rasio kompresi tinggi, ini saya bilang dalam konteks tinggi utk motor harian, namun jika kita bicara balap, atau korek harian… Maka perbandingan kisaran 10 dan 11 ini masih dibilang rendah, motor2 balap biasanya bermain di rasio kompresi 12 sampe dengan 15:1.

Nah kemudian, motor-motor harian yang kayak begini, mesti di lengkapi dengan sistem pendinginan yg mumpuni, seperti radiator atau oil cooler. Yang selalu menjaga temperatur mesin sehingga power mesin terjaga dalam kondisi panas atau dingin…

Bagi para vixioner atau pengguna vixion yang merasa kurang terpuaskan nafsu birahinya alias nafsu balap nya,,, hahhhhaa.. (Koq mambu mambu nafsu segala iki…) Bisa mengikuti modif stage 1 ini..

Mungkin juga banyak bengkel-bengkel yang masih takut dengan sistem injection ini, sehingga tidak berani mengutak atik, jangan kan utak atik, nyenggol loh gk berani.. Wkwkkwkkwwkwkwkwkk

Gk konsen maneh iki…

Bahkan sampe bela belain dirubah menjadi sistem karburator..
Aduuuhhhh,,, hare gene pake karbu,,,

Motogp ajah pake injection, masak kita mau mundur teknologi…

Qiqiqiqiqiqiiiii.. Kayak pidato kenegaraan ajah..

Wes lanjut maneh..

oke, langkah pertama yg harus dipastikan sebelum kita modif motor ini adalah membaca basmalah,, hehehehee… Serius amat.. Ya yang pasti siapin duit dulu lah…

Ada 2 pilihan nih,
1. Duit nya cekak alias mefet.. Silahkan simak pilihan 1..

2. Duitnya agak lumayan, silahkan lanjut ke pilihan dua..

Kayak ujian nasional ajah pake pilihan segala,,,,

Yg merasa masih sekolah di smu, jgn trauma yah… Hahhhahahahaahhah

Oke..
1. Pilihan 1 adalah.. Pakailah oli dengan api service SL dan sae 10w40 dan sejenisnya.. Mengapa saya sebut oli dulu.. Karena ini masalah keselamatan motor anda.. Bagi anda yang doyan ngebut, pastikan olinya memiliki spek diatas.. Karena oli ini memiliki kemampuan melindungi part mesin lebih baik. Kecuali kalo vixion nya cuma dipake ngangkut sayur ke pasar.. Wkkkwkwkwk

Kemudian, lakukan service seperti biasa, yaitu setel klep, bersihkan filter udara dan yang terpenting jg setting CO

Untuk setelan klep tahap ini adalah, intake 0,10mm dan exhaust 0,20mm.
Kemudian setting CO pada +10

Setingan ini mujarab untuk menyegarkan mesin vixion anda ke akselerasi yg lebih baik, dan konsumsi bbm nya pun jg gk boros. 1liter menempuh 48km.. Mirip dengan standar motor nya dikisaran 48-49km.

Bagi yg ingin sedikit mengorbankan jadi 47km an, silahkan CO nya di set pada +20.

Oke.. Betul betul betuullll…

Nah sekarang lanjut ke stage1 yg sebenarnya.. (Loh yg td emang gk bener,,,wkwkwkwkkw)

Stage ini meliputi
*up grade rasio kompresi ke 11,7:1
*porting n polish saluran intake dan exhaust.
*setel klep
*skur klep
*ganti kampas kopling
*ganti per kopling
*setting CO

Oke..
1.Up grade ke 11,7 : 1 in bisa diraih dengan membubut silinder head sebanyak 0,8mm rata.
Angka segini sangat aman buat harian bahkan turing.. Dan piston pun gk perlu di coak klep.

2.Sekalian bongkar head, skur pula klep agar kompresi benar benar padat layaknya motor balap.

3. Lakukan porting n polish hanya untuk menghilangkan kasar kulit jeruk di saluran intake dan exhaust. Jangan lakukan porting yg terlalu besar.

4.Ganti kanvas kopling ke lima alias kampas kecil dengan kampas normal, sehingga kanvas kopling berjumlah total 5 lembar. (Standar nya 4lembar dan 1lembar tipis)

5.Ganti per kopling dengan merk racing ..

6.Pakai oli dengan spek seperti tahap diatas…

7.Setel celah klep dengan ukuran, intake 0,08mm dan exhaust 0,18mm.

8.Setting CO pada +10.. Namun jika anda ingin paling agresif, seting CO pada +18.

Nah.. Sudahkan teman teman, hahhahaha.

Bagi anda pecinta turing, boleh turunin mata gir belakang dengan jumlah 40 ato 39.
Kalo motor anda sudah memakai ban besar, saya menyarankan tetap pake gir standar nya 42. Tapi kalo ingin pake 40 yo gk papa rek, wong motor2 e dewe…

Huahahahhahhhaaa…

Selamat berkendara, tapi ingat..
Gunakan safety helmet, gloves and jacket for your safe..

Hehheheehee,, sok bahasa inggris pula.

Jaga kesehatan, stamina biar bisa ngebut tiap hari,,,
ahhahahahahahahahahahahaaa

C U….

0 komentar:

Posting Komentar